Tips Blog

Trafik dan CTR AdSense Blog Tutorial Blogging Rendah, Tapi…

Lalu lintas pengunjung dan CTR AdSense blog tutorial blogging memang rendah. Hal ini mungkin dialami oleh hampir semua blogger pemula yang menyajikan konten panduan ngeblog.

Pertanyaannya, kenapa blog tutorial blogging sepi pengunjung? dan kenapa CTR AdSense niche tutorial blogging sangat rendah?

Penyebab blog niche tutorial blogging sepi pengunjung dan CTR AdSensenya rendah antara lain:

#1. Persaingan keyword lumayan ketat

#2. Kemampuan menulis konten belum maksimal

#3. Masih tahap belajar optimasi SEO

#4. Target pembaca terbatas

#5. CTR AdSense rendah karena mayoritas pengunjung adalah sesama blogger

Baca juga : Niche Paling Cocok Untuk AdSense Agar CTR Tinggi

Apakah semua blog niche tutorial blogging sepi pengunjung dan CTR AdSense-nya rendah?

Tidak. Blogger yang betul-betul menguasai materi SEO dan blogging atau mampu membuat template blogger, setiap hari blognya selalu dibanjiri pengunjung.

Blog niche tutorial blogging sepi pengunjung dan CTR AdSense rendah

Kenapa pengunjungnya beda, kan sama-sama membahas panduan blogging?

Bedanya kalau blogger yang benar-benar master, menulis berdasarkan keahlian dan pengalamannya, sehinngga pembahasannya akan lebih mendalam dan dijadikan sumber referensi oleh blogger lain.

Sedangkan blogger pemula yang ikut-ikutan menulis konten tentang panduan blogging (seperti saya) pasti sering mencari referensi dari blog para master. Sehingga, mau tidak mau blogger pemula harus bolak-balik ke blog master. Karena itulah blog master jauh lebih ramai pengunjung.

Tapi…

Walaupun trafik dan CTR AdSense untuk blog tutorial blogging itu rendah, namun (saya) mempunyai kepuasan tersendiri memiliki blog tutorial blogging.

Kenapa?

Pertama, karena bisa membuat orang lain tahu tentang cara membuat blog gratis, cara membuat website self hosting, cara menghasilkan uang dari blog, dan tips-tips ngeblog lainnya. Sehingga meskipun hanya ada 1 orang yang belajar ngeblog di blog kita sampai dia menjadi blogger sukses, akan ada ribuan orang yang dicerdaskan.

Kedua, karena blogging, terutama SEO terus berkembang. Bagi saya, hal ini seperti sebuah permainan yang cukup menantang. Butuh ketekunan untuk bisa “menaklukkannya”.

Ketiga, referensinya banyak tersedia di internet. Sehingga meskipun awalnya saya hanya ikut-ikutan menulis artikel tentang tutorial blogging, namun lama kelamaan pemahaman saya sedikit demi sedikit terus bertambah. Alhasil, saya bisa membuat artikel tutorial blogging full original (bukan copas atau rewrite).

Keempat, bisa kenal dengan blogger lain karena mayoritas pengunjung blog panduan ngeblog adalah sesama blogger. Beda dengan niche lain, rata-rata pengunjungnya end user.

Itu alasan saya membuat blog niche tutorial blogging, apa alasan Anda?

Kapan blog niche tutorial blogging ramai pengunjung?

Blog niche tutorial blogging akan ramai pengunjung ketika:

#1. Sudah banyak konten berkualitas, unik dan dibutuhkan oleh blogger pemula.

#2. Punya aset,  seperti menyediakan template gratis, ebook, dan sebagainya.

#3. Nama Anda, sebagai blogger, sudah dikenal.

Untuk itu, pasti butuh waktu dan konsistensi.

Baca juga : 5 Cara Terbaru Meningkatkan Pengunjung Blog Paling Jitu

Jadi, jika hari ini pengunjung dan CTR AdSense blog niche tutorial blogging Anda masih sedikit, tidak perlu berkecil hati. Tetaplah berkarya, karena Allah SWT akan menjadikan Anda sukses pada saat yang tepat.

Jangat meratap dan berpangku tangan, karena Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum jika kaum itu tidak mau merubah nasibnya sendiri.

Semangat mas bro!!

Tags:

Related Posts "Trafik dan CTR AdSense Blog Tutorial Blogging Rendah, Tapi…"

Leave a reply "Trafik dan CTR AdSense Blog Tutorial Blogging Rendah, Tapi…"