VPS Murah

Teliti 5 Poin Penting Ini Sebelum Membeli Blog

Teliti 5 Poin Penting Ini Sebelum Membeli BlogMenjadi blogger sukses itu membutuhkan proses yang panjang, namun bukan berarti tidak ada jalan pintas. Kalau sobat mau punya blog ramai pengunjung atau blog bisa menghasilkan uang sendiri jalan pintasnya adalah membeli blog yang sudah maju.

Alasan orang menjual blog

Beberapa alasan orang memjual blog antara lain:

  1. Blognya bermasalah
  2. Bosan ngeblog
  3. Takut tidak terurus
  4. Butuh dana
  5. Sengaja membuat blog untuk dijual
  6. Dan lain-lain

 

Bolehkan membeli blog?

Boleh-boleh saja, selama blog yang diperjual belikan tidak melanggar hukum dan tidak mengandung konten pelanggaran lainnya.

Teliti 5 Poin Penting Ini Sebelum Membeli BlogTeliti 5 Poin Penting Ini Sebelum Membeli Blog

Informasi penting yang harus diteliti sebelum membeli blog biasanya adalah:

1. Umur blog

Umur blog adalah informasi pertama yang harus kita tanyakan sebelum membeli blog, karena umur blog menjadi salah satu indikator kematangan blog. Logikanya, jika umur blog semakin tua maka kemungkinan besar blog tersebut memiliki kepercayaan dari mesin pencari dan pembaca.

Namun blog yang sudah lama juga tidak menjamin bahwa blog tersebut sudah matang dan sehat. Blog yang sudah melewati fase pendirian biasanya berusia 3 – 6 bulan.

2. Konten blog

Sebelum membeli blog, kita harus meneliti kontennya terlebih dahulu. Misalnya kita baca beberapa artikelnya apakah original dan menarik atau banyak konten sampah hasil copas. Selain memeriksa kualitas konten, tanyakan atau periksa sudah berapa banyak artikelnya.

Jika kita mau membeli website atau blog, sebaiknya membeli blog yang sudah berisi sekurang-kurangnya 100 artikel original dengan waktu update yang rutin. Ini bisa kita lihat di arsip blog. Jika arsipnya tidak dimunculkan di blog, kita minta pemiliknya untuk menampilkan arsip blog sebelum transaksi deal.

3. Jumlah pengunjung blog

Alasan orang membeli situs, website atau blog biasanya karena ingin memiliki blog yang bertrafik tinggi. Jadi kita perlu meneliti trafik atau jumlah unik visitor blog yang akan dibeli. Meskipun umurnya sudah lama dan kontennya banyak kalau visitornya sedikit, maka percuma saja kita membeli blog.

Baca juga : Cara terbaru meningkatkan pengunjung blog paling jitu

4. Alexa rank

Semakin ramping nilai Alexa rank maka reputasi situs di mesin pencari semakin tinggi. Jika sobat mau membeli blog, belilah blog yang Alexa ranknya di bawah angka 1.000.000. Lebih kecil angkanya, akan lebih baik.

Baca juga : Tidak tahu caranya, tapi Alexa rank cepat ramping

5. BPK AdSense

Hal penting lainnya adalah memastikan bahwa blog yang akan kita beli bukan mantan banned AdSense. Karena kalau blog mantan banned, artinya sudah terjadi pelanggaran dan kita akan sedikit kesulitan untuk memonetisasinya.

Selain itu, tanyakan pula berapa angka rata-rata BPK (biaya per klik) AdSense blog tersebut. Semakin tinggi BPK AdSense, maka harga blog akan semakin mahal. Namun jika rata-rata BPK nya hanya $0,01 harga blognya akan lebih murah. Standar penghasilan blog bahasa Indonesia biasanya berkisar antara $0,05 – $0,10 per klik (BPK blog niche tertentu biasanya lebih tinggi).

Itulah 5 poin penting yang harus kita teliti sebelum membeli blog. Untuk urusan desain theme dan backlink bisa kita rekayasa setelah blog jadi milik kita. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Situs Lokal tempat jual beli blog / website

Bagikan yuk!

Tinggalkan Komentar