VPS Murah

Penyebab dan Cara Mengatasi Malas Ngeblog

Penyebab dan cara mengatasi malas ngeblog – Halo sobat blogger Indonesia! Blogger yang baru mengenal blog biasanya masih semangat ngeblog, tiada hari tanpa ngeblog, waktu senggang pasti dimanfaatkan untuk membuat artikel, mengutak atik template, searching bahan artikel, blogwalking dan sibuk mencari tips-tips ngeblog lainnya.

Namun 1 atau 2 minggu kemudian, rasa bosan mulai menghampiri sehingga jadi malas ngeblog. Ada yang berhasil melewati masa malas ngeblog ini hingga akhirnya dia sukses, ada pula yang tidak mampu bangkit sampai tidak ngeblog lagi.

Kalau kita mau jadi blogger sukses dan tenar di dunia maya, tentunya rasa malas ngeblog ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut sampai membuat kita berhenti ngeblog. Sebaiknya kita harus segera mencari tahu apa saja penyebab malas ngeblog dan bagaimana cara mengatasinya agar semangat ngeblog kembali membara.

Penyebab malas ngeblog

Penyebab malas ngeblog di antaranya sebagai berikut:

#1. Bosan ngeblog

Faktor penyebab bosan ngeblog adalah datang dari diri blogger itu sendiri, biasanya ini disebabkan karena tujuan dia ngeblog bukan karena ingin menyalurkan hobi menulis di blog dan berbagi informasi dan inspirasi dengan sesama, melainkan karena ikut-ikutan teman atau ingin seperti blogger sukses yang bisa menghasilkan uang puluhan juta dari internet malalui blog.

Baca : 5 Keuntungan menyalurkan hobi menulis di blog

Ngeblog dengan tujuan menghasilkan uang dari internet juga bukan tidak boleh, itu sah-sah saja. Yang penting kita harus siap menempuh tahapan atau fase ngeblog yang dijalani oleh blogger sukses. Mereka berhasil bukan dengan cara instan, tetapi penuh perjuangan dan pengorbanan.

Baca juga : Fase ngeblog yang dijalani blogger sukses

#2. Kehabisan ide menulis

Saya sering kali mengalami kehabisan ide menulis artikel untuk blog, kadang suka bingung menulis artikel apa hari ini. Apalagi kalau mengelola blog gado-gado yang membahas banyak tema. Sebelum tahu caranya mencari sumber inspirasi menulis, saya pernah merasakan bagaimana repotnya mengelola blog gado-gado.

Namun mengelola blog gado-gado itu ada enaknya juga, diantaranya trafik cepat naik karena kita bisa memposting berbagai topik hangat dan bisa memposting artikel apa saja (yang tidak melanggar), tidak terbatas pada satu topik saja seperti pada blog niche.

#3. Blog sepi pengunjung

Malas ngeblog juga bisa disebabkan karena blog kita sepi pengunjung dalam jangka waktu lama, misalnya setelah usia blog berumur 3 bulan pengunjung masih di bawah 50 per hari. Makanya tidak heran jika kata kunci yang paling banyak dicari blogger pemula biasanya adalah penyebab blog sepi pengunjung, cara meningkatkan pengunjung blog, cara menaikan trafik website, cara menghasilkan uang dari blog dan cara daftar Google AdSense (pengalaman pribadi, hehe).

Silakan simak : Tujuh Penyebab Blog Sepi Pengunjung yang Jarang Diketahui

Padahal pangkal masalahnya adalah pada saat pertama kali ngeblog biasanya masih belum memahami dasar teknik SEO onpage dengan benar, cara menempatkan kata kunci dalam artikel dan jumlah postingan masih sedikit. Yang lebih parah lagi, banyak mencari teori tapi minim praktek.

#4. Pendaftaran AdSense ditolak atau akun dibanned

Sejak adanya program Google AdSense, jumlah blogger Indonesia setiap harinya terus bermunculan. Tentunya berdampak baik untuk menambah perbendaharaan sumber bacaan di internet, karena tanpa blogger mungkin internet akan sepi.

Namun masalahnya adalah Google AdSense cukup ketat, tidak semua blog diterima menjadi publisher AdSense. Ada yang sekali daftar langsung diapprove, ada juga yang berkali-kali daftar tapi permohonannya selalu ditolak.

Baca : Cara daftar Google AdSense dan tips agar langsung diapprove

Yang sudah diterima Google AdSense pun tidak dijamin bisa terus menayangkan iklan AdSense, karena ada yang sudah menjadi penayang iklan Google AdSense namun didelete atau dibanned. Hal ini biasanya disebabkan karena blog publisher melanggar kebijakan Google AdSense.

Baca juga : 5 Alternatif Jika Permohonan Google AdSense Ditolak atau Akun Dibanned

Karena permohonan Google AdSense ditolak atau sudah punya akun tapi dibanned juga seringkali menyebabkan malas ngeblog.

#5. Peralatan ngeblog rusak

Peralatan ngeblog yang paling penting adalah komputer atau laptop dan akses internet. Jika terjadi kerusakan pada peralatan ngeblog atau gangguan jaringan internet juga kadang menjadi penyebab malas ngeblog. Lagi asik-asik ngeblog eh, komputernya rusak.

#6. Penyebab malas ngeblog lainnya

Selain 5 penyebab malas ngeblog di atas, masih terdapat penyebab malas ngeblog lainnya yang mungkin berbeda-beda bagi setiap blogger, misalnya seperti kesibukan aktifitas sehari-hari, ada masalah keluarga, sakit, paket internet habis dan lain-lain.

cara mengatasi penyebab malas ngeblog

Cara mengatasi malas ngeblog

Setelah menemukan penyebabnya, kita bisa coba mengatasi malas ngeblog agar semangat ngeblog kembali seperti semula dan produktivitas menulis artikel pun menjadi lebih meningkat lagi. Kalau semangat ngeblog nya sudah kembali memuncak, maka peluang menjadi blogger sukses pun semakin terbuka lebar.

Ini dia cara mengatasi malas ngeblog ala TipsNgeblog.com adalah mengatasi faktor-faktor penyebab malas ngeblog seperti yang telah dijelaskan di atas, yaitu:

(-) Bosan ngeblog atasi dengan cara meluruskan niat dan tujuan ngeblog. Jadikan menulis dan blogging sebagai aktifitas yang menyenangkan, selain mencari uang dari internet juga niatkan untuk menebar kebaikan dan investasi pahala. Oleh karena itu, ngebloglah sesuai aturan Google, undang-undang, etika dan yang terpenting sesuai syariat agama masing-masing agar tulisan kita menjadi amal shaleh yang pahalanya terus mengalir sampai kapanpun.

(-) Kehabisan ide menulis bisa coba atasi dengan cara blogwalking ke blog orang lain, mengunjungi website besar, dan lain-lain. Selengkapnya silakan baca cara mudah menemukan 5 sumber inspirasi menulis. Akan lebih baik lagi jika kita menulis artikel secara rutin, tidak membabi buta kemudian cepat bisan dan bahaslah topik yang dikuasai dan disukai, kalau bisa usahakan artikelnya yang banyak dicari pembaca.

(-) Blog sepi pengunjung tentu bisa diatasi dengan berusaha mempelajari teknik SEO onpage dan SEO off page, mempromosikan website, membuat artikel berkualitas, dan lain-lain. Silakan baca : Cara terbaru meningkatkan pengunjung blog paling jitu.

(-) Googe AdSense ditolak atau dibanned, jangan mudah menyerah dan putus asa karena orang yang cepat menyerah tidak akan pernah menjadi pemenang. Kalau ditolak AdSense, coba perbaiki kualitas konten di blog kita, kemudian coba lagi dan lagi. Atau bisa juga mendaftar ke program periklanan PPC lain selain Google AdSense seperti Chitika, AdsenseCamp, Klik Saya, dan lain-lain.

(-) Peralatan ngeblog rusak, agar tidak menimbulkan malas ngeblog yang berlarut-larut, segera perbaiki kerusakan pada peralatan ngeblog. Kalau lama tidak ngeblog maka kita akan sedikit sulit untuk memulainya lagi.

Tambahan :

Carilah teman ngeblog sebanyak-banyaknya dengan cara akif di forum diskusi, menjadi penulis tamu atau rutin blogwalking dan meninggalkan komentar simpatik. Dengan demikian, kita akan dikenal banyak blogger dan ini akan menjadi motivasi bagi kita untuk tetap semangat ngeblog.

Demikian penyebab dan cara mengatasi malas ngeblog, semoga bermanfaat.

Bagikan yuk!

13 Komentar

  1. Dedy Akas Website Oktober 7, 2015
    • Husni Cahya Gumilar Oktober 7, 2015
  2. Muh Nur Qalbi Februari 20, 2016
    • Husni Cahya Gumilar Februari 22, 2016
  3. ipin lambar Maret 28, 2016
    • Husni Cahya Gumilar April 14, 2016
  4. Pemalas September 21, 2016
    • Husni Cahya Gumilar September 28, 2016
  5. Adnalda Oktober 5, 2016
    • Husni Cahya Gumilar Oktober 23, 2016
  6. SLEY Juli 1, 2017
  7. Alex Giriawan Januari 10, 2018
    • Husni Cahya Gumilar Maret 2, 2018

Tinggalkan Komentar