Tips Blog

Tujuh Penyebab Blog Sepi Pengunjung yang Jarang Diketahui

Tujuh Penyebab Blog Sepi Pengunjung yang Jarang Diketahui – Halo sobat Tips Ngeblog! Ada banyak faktor yang menyebabkan blog atau website sepi pengunjung, penyebab utamanya adalah artikel tidak terindex mesin pencari, terutama search engine Google.

Artikel tidak terindex Google bisa disebabkan oleh :

  1. Artikel baru dipublikasikan
  2. Linknya terputus
  3. Deindex akibat terkena Google Sandbox

Faktor penyebab blog sepi pengunjung lainnya akan kita bahas secara mendetil di sini.

Blog sepi pengunjung merupakan masalah bersama blogger pemula atau blog baru lahir. Tapi sobat tidak perlu panik karena masalah ini bisa segera diatasi dalam waktu singkat. Sobat boleh coba cara terbaru meningkatkan pengunjung blog paling jitu yang sudah terbukti ampuh mendokrak trafik website dalam sekejap.

Namun, sehebat apapun usaha kita meningkatkan visitor blog dari mesin pencari kalau kekurangannya tidak didiagnosa dan dibiarkan biarkan begitu saja, maka usaha kita akan sedikit terhambat. Peningkatan jumlah visitor blog tidak akan begitu pesat.

penyebab blog sepi pengunjung

Oleh karena itu, marilah kita simak ulasan berikut ini:

7 Penyebab Blog Sepi Pengunjung

#1. Blog masih baru

Usia blog yang masih baru biasanya belum dikenal oleh mesin pencari dan pembaca, jadi hal ini sangat wajar. Standar baru sendiri waktunya relatif, bisa dalam hitungan minggu atau bulan. Namun kalau adminnya sudah populer, biasanya pengunjung blog tetap ramai meskipun masih baru.

Contohnya bisa kita lihat di dunia nyata. Saat louncing, group band NOAH langsung booming karena personilnya sudah populer, dapur rekaman pun sudah menanti. Lain halnya dengan pendatang baru, pasti butuh waktu untuk membuktikan kapasitanya.

Bloggerpun demikian, kalau kita baru terjun dalam dunia blogging, ide-ide brilian yang kita tuangkan dalam blog baru belum bisa ditemukan oleh pembaca karena belum mendapat posisi terbaik pada halaman hasil pencarian search engine.

Kunci untuk mengatasi penyebab yang satu ini adalah kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas. Kerja keras membuat konten berkualitas yang bermanfaat, cerdas menganalisa kebutuhan pembaca dan ikhlas ngeblog meskipun pengunjung masih sepi. Konsisten!

Di samping mempopulerkan blog baru, kita sebagai admin juga tidak boleh tinggal diam. Bergerak secara gigih, soan ke situs orang lain yang sudah populer, perkenalkan diri baik-baik, tinggalkan komentar sopan dan relevan, bila perlu tiap hari kita bolak-balik ke sana sampai akhirnya admin dan pengunjung situs populer mengenal kita.

Kalau sudah terkenal jangankan hal bagus, hal biasa saja bisa diidolakan.

Hal yang harus diperhatikan ketika blogwalking adalah gunakanlah nama sobat agar orang lain mengenal jati diri sobat, tidak meninggalkan link aktif karena akan sia-sia dan hindari minta kunjungan balik agar kita terlihat seperti blogger profesional sehingga bisa bikin penasaran.

#2. Konten kurang berkualitas

Konten adalah produk yang kita tawarkan di blog, jika kontennya asal-asalan maka jangan kecewa kalau blog kita sepi pengunjung.

Standar konten berkualitas di antaranya :

  • Topik

Buatlah artikel yang topiknya banyak dicari dan dibutuhkan oleh pembaca sepanjang masa atau topik yang sedang tren (musiman). Tawarkan solusi pada pembaca, buat mereka puas dan dapat menyelesaikan masalahnya setelah menyimak tulisan kita.

  • Originalitas

Hindari copas karena tulisan copas akan jadi sampah yang mengotori blog kita seperti sampah yang berserakan di dalam rumah. Tidak ada tamu yang betah singgah ke rumah yang kotor dan banyak sampah. Tulis artikel dengan gaya bahasa sendiri sehingga berbeda dengan orang lain.

  • Manfaat

“Tulisanmu, Harimaumu!”. Buatlah atikel yang positif dan berguna untuk kebaikan manusia, membangun karakter dan kepribadian, memotivasi dan mempengaruhi pikiran pembaca menuju gaya hidup yang lebih baik. Jika tulisan kita bermanfaat, maka blog tidak akan sepi pengunjung, penghasilan AdSense meningkat dan dapat pahala kebaikan yang tidak terputus.

  • Akurasi

Berikan data yang akurat dan tidak menyesatkan pembaca serta tidak membuat judul yang menjebak, yaitu judul yang tidak sesuai dengan isi tulisan. Hindari mengarahkan pembaca (link eksternal) ke situs-situs tidak penting dan tidak relevan dengan topik yang sedang dibahas.

  • Redaksi

Gunakan bahasa yang baik dan benar dan mudah dipahami. Hindari penggunaan kata yang tidak baku. Artikel hebat itu bukan kalimatnya yang berat, tetapi masalah berat bisa dipecahkan dengan bahasa sederhana.

#3. Jumlah konten sedikit

Penyebab blog sepi pengunjung berikutnya adalah jumlah konten masih sedikit. Kalau kontennya sedikit maka kata kuncinya pun sedikit. Tidak heran kalau pengunjungnya juga sedikit.

Logikanya sederhana, jika blog kita berisi 50 artikel dan masing-masing dicari oleh 10 pengunjung maka per harinya bisa mendatangkan 500 visitor. Kalau ada 500 artkel?

Sambil mematangkan usia blog, buatlah artikel setiap hari secara rutin dan tanpa mengabaikan kualitas.

#4. Salah memahami SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah teknik mempromosikan blog di mesin pencari. Lakukan optimasi dengan menempatkan kata kunci secara tepat, tidak mengulang-ngulang kata secara berlebihan dan buatlah konten untuk manusia.

Sekarang robot Google sudah lebih pintar, tidak bisa dibodohi dengan trik penggunaan kata kunci dan backlink yang tidak relevan dengan topik. Google akan menyukai artikel yang disukai pembaca.

Cara kerja SEO modern adalah “banyak pembaca >> trafik blog meningkat >> posisi artikel di SERP terus merangkak >> pengunjung blog semakin berlimpah”.

Jadi teknik SEO terbaru bukan sekedar mengoptimasi blog di mesin pencari, tetapi mengutamakan kepuasan pembaca juga termasuk SEO.

#5. Malas dan mudah putus asa

Malas membuat postingan dan mudah putus asa ketika usahanya meningkatkan pengunjung blog belum berhasil akan memperburuk keadaan, pengunjung pun semakin sepi. Yang akan berhasil itu adalah blogger yang istiqamah, konsisten dan tidak gampang menyerah.

Jika susah, anggaplah sedang menulis di atas batu. Sulit, lama tapi hasilnya tidak mudah luntur, abadi sepanjang zaman.

#6. Loading blog berat

Blog yang loadingnya berat bisa menjadi penyebab blog sepi pengunjung. Kebanyakan pengunjung menyukai blog fast loading dan mereka akan berpindah ke situs lain kalau blog kita berat atau lambat.

Agar blog tidak terlalu berat, hindari pemasangan gadget dan plugin yang tidak penting, pilih theme fast loading dan kalau membuat blog di WordPress.org (self hosted) gunakan layanan web hosting yang handal.

#7. Banyak broken link

Link ibarat jalan yang mengarah ke toko kita. Kalau jalannya putus maka calon pembeli tidak jadi mengunjungi toko kita. Begitu juga dengan link ke blog kita, kalau terputus maka pengunjung tidak bisa mengaksesnya. Semakin banyak link yang terputus, maka blog akan semakin sepi. Broken link disebabkan misalnya oleh penggantian format URL.

Demikian 7 penyebab blog sepi pengunjung yang bisa saya share, setelah menyimak artikel ini silakan sobat ambil alat tulis lalu catat apa saja kelebihan dan kekurangan yang terdapat di blog sobat. Setelah ketemu, coba share pada kolom komentar di bawah postingan ini untuk kita diskusikan dan cari solusinya bersama-sama. Terima kasih.

Tags:

Related Posts "Tujuh Penyebab Blog Sepi Pengunjung yang Jarang Diketahui"

Leave a reply "Tujuh Penyebab Blog Sepi Pengunjung yang Jarang Diketahui"