VPS Murah

Ini Dia 5 Fase Ngeblog yang Dijalani oleh Blogger Sukses

Ini Dia 5 Fase Ngeblog yang Dijalani oleh Blogger Sukses – Semua blogger pasti berharap sukses ngeblog, namun tidak semua blogger mampu memelihara harapan dan semangatnya itu. Jumlah blogger di Indonesia setiap harinya terus bertambah. Namun dari blogger yang ada, hanya sedikit yang berhasil melewati fase ngeblog. Sebagian lagi tumbang di tengah jalan dan blognya ditinggal begitu saja.

Fase Ngeblog

1. Fase pembuatan

Siklus pertama adalah fase pembuatan blog. Saya yakin pada tahap ini semuanya pasti sudah mahir membuat blog (baca : Panduan lengkap cara membuat blog gratis di blogspot). Termasuk pada tahap ini adalah mengganti atau mendesain template mobile frendly, SEO, fast loading dan sebagainya.

Baca : Cara mengganti theme/template blog WordPress

Waktu yang dibutuhkan untuk fase ini hanya beberapa menit atau beberapa jam saja, dalam di fase ini biasanya kita bersemangat membuat blog dan mendesain template.

Baca juga : Ternyata template bisa bikin semangat ngeblog meningkat

Fase Ngeblog yang Dijalani oleh Blogger Sukses

2. Fase pengembangan

Fase selanjutnya adalah fase pengembangan, dalam hal ini tugas kita harus membuat konten original secara konsisten dan update artikel setiap hari, seminggu 3 kali, atau seminggu sekali, tergantung kemampuan membuat artikel dan waktu luang.

Baca : 5 Keuntungan update artikel setiap hari

Pada tahap ini biasanya sering dihantui kebosanan, penyebabnya karena blog sepi pengunjung. Blogger pemula maunya langsung mendapat banyak pengunjung, banyak komentar dan artikel muncul di halaman pertama Google. Padahal dalam tahap ini setidaknya butuh waktu 1 – 3 bulan, itu pun kalau rutin update konten berkualitas.

Baca : Penyebab blog sepi pengunjung yang jarang diketahui

Penyebab lainnya adalah karena kehabisan ide atau inspirasi menulis artikel. Kalau terlalu sering menulis, kadang kita bingung harus menulis topik apa hari ini agar menarik minat pembaca dan mendatangkan trafik tinggi.

Baca : Cara mudah menemukan 5 sumber inspirasi menulis artikel untuk blog

Karena tidak sabar, malas ngeblog dan cepat bosan, di fase inilah banyak blogger gagal melanjutkan aktifitas blogging. Kalau tidak berhenti ngeblog, dia buat lagi blog baru, blog baru dan blog baru. Begitu seterusnya sampai akhirnya menemukan titik jenuh.

3. Fase pertumbuhan

Kalau berhasil melewati dua fase ngeblog sebelumnya, tahap selanjutnya akan memasuki fase pertumbuhan. Yaitu pertumbuhan jumlah #pengunjung blog, page view, komentar dan langganan artikel. Berdasarkan pengalaman pribadi, fase ini dirasakan setelah blog melewati usia 3 bulan dan jumlah artikel lebih dari 200. Pada masa ini, biasanya semangat ngeblog mulai tumbuh.

4. Fase mengkonversi trafik menjadi uang

Setelah pengunjung blog cukup ramai, kita bisa mengolah kunjungan menjadi penghasilan. Contohnya, menjadi publiser AdSense, menjadi penayang iklan mandiri, bisnis afiliasi atau menjual produk sendiri.

Namun pada tahap ini, tidak langsung berhasil mendatangkan uang. Setidaknya dibutuhkan beberapa bulan untuk mencicipi uang dari blog. Saya sendiri bisa mencicipi uang hasil ngeblog itu setelah 4 bulan. Pengalaman blogger lain pasti berbeda-beda.

5. Fase menikmati

Fase ngeblog terakhir adalah masa menikmati hasil kerja keras dari awal. Pada tahap ini trafik blog sudah ribuan dan stabil, adsense sudah bisa pay out setiap bulan dan bisnis-bisnis di blog sudah berjalan serta menghasilkan uang.

Tugas pada tahap ini yaitu merawat blog dan update artikel, kalau penghasilannya sudah besar kita bisa menyewa orang untuk mengurus dan mengisi konten, kemudian membuat blog baru dan mengembangkannya lagi.

Demikian fase ngeblog yang dijalani blogger sukses, semoga bermanfaat.

Bagikan yuk!

Tinggalkan Komentar