VPS Murah

Hei Blogger, Berhati-hatilah dalam Menulis!

Halo sobat blogger Indonesia! Selamat pagi, selamat menulis dan beraktifitas.

Kita harus bangga menjadi blogger karena telah banyak memberikan ilmu, solusi dan inspirasi bagi pembaca. Tapi kebanggaan itu jangan sampai menjadikan kita sombong dan takabur. Sebab takabur akan menghanguskan pahala amal,  ibarat api yang membakar dedaunan kering.

Dalam pandangan masyarakat awam (terhadap dunia blogging), blogger merupakan refresentasi dari orang-orang pintar yang tahu banyak tentang sesuatu. Yang benar, tahu banyak atau banyak tahu?

Oleh sebab itu, seorang blogger harus hati-hati dalam menulis artikel. Apalagi jika dirinya sudah banyak fans panatik. Biasanya penggemar akan mengikuti apa yang disampaikan idolanya. Mau benar atau salah, yang keluar dari mulut idola selalu (dianggap) benar. Ini bahaya!

blogger harus hati-hati menulis

Tulisan di blog itu ngefek banget, karena bisa mengubah pola pikir dan tingkah laku pembaca. Jika kontennya mengarah ke hal-hal buruk dan diikuti pembaca, maka di kemudian hari penulisnya akan mendapatkan keburukan dari apa yang telah ia tulis.

Oleh sebab itu, blogger harus hati-hati menulis. Jangan sampai:

  1. Menyesatkan pembaca dengan buah pikiran yang tidak benar. Misalnya “tinggalkan pekerjaan di dunia nyata sekarang juga, dapatkan 100$ per hari dari Google AdSense dengan mudah” atau “Kalau mau sukses main AdSense, Anda harus ngeblog siang malam!”
  2. Membingungkan pembaca dengan statement tanpa kesimpulan yang jelas. Misalnya “Pilih Blogger atau WordPress? Terserah Anda saja.”
  3. Mematahkan semangat, misalnya “jangan harap Anda bisa sukses bermain Google AdSense.”
  4. Mempengaruhi pembaca untuk berbuat buruk. Tidak usah dicontohkan.
  5. Memposting konten yang diharamkan ajarannya masing-masing.

Sementara, itu saja dulu. Kalau punya tambahan atau tidak setuju silakan tulis di kolom komentar. Selanjutnya silakan baca 5 Keuntungan Menyalurkan Hobi Menulis di Blog. Salam!

Bagikan yuk!

Tinggalkan Komentar