AdSense

Dari Mana Sumber Penghasilan Seorang Blogger?

Sumber penghasilan seorang Blogger – Dulu saya pernah penasaran, dari mana sumber penghasilan pemilik blog, website atau portal berita di internet? Siapa yang membayar seorang blogger? Dengan cara apa blogger mengganti pengeluaran bekas beli domain, hosting dan pulsa internet?

Pertanyaan-pertanyaan di atas mungkin menjadi pertanyaan sebagian orang  yang masih awam terhadap dunia blogging seperti saya ini. Setelah terjun ke dunia blogging, akhirnya saya menemukan jawaban atas pertanyaan tadi.

Jawaban atas pertanyaan dari mana sumber penghasilan seorang blogger akan saya coba share di sini, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi kita semua. Blogger yang dimaksud di sini bukan flatform blog (blogger.com), tapi orang yang ngeblog baik di blogger.com, WordPress, Joomla, dan lain-lain.

dari mana sumber penghasilan blogger

Sumber penghasilan seorang Blogger yang paling populer

Ada banyak sumber pendapatan seorang blogger, yang paling populer di antaranya PPC, paid review, program afiliasi,  iklan mandiri dan menjual produk sendiri di blog.

#1. PPC (Pay Per Click)

Blogger bisa memilih mendaftarkan blognya menjadi publisher (penayang iklan) PPC ke Google AdSense, Chitika, KlikSaya, KumpulBlogger, AdsenseCamp, dan lain-lain.

Silakan baca : Cara Daftar Google AdSense dan Tips Agar Langsung Diapprove

PPC yang sangat populer dan menjadi favorit blogger saat ini adalah Google AdSense, yakni PPC milik search engine terbesar, Google.

Cara kerja Google AdSense dan PPC lainnya adalah sebagai berikut:

Pengiklan (Advertiser) membayar sejumlah uang ke Google agar produknya ditayangkan di blog/ website mitra Google AdSense (Publisher).

Google AdSense akan menayangkan iklan milik advertiser di blog/ website publisher. Dengan teknologi canggih, iklan yang ditampilkan akan sesuai dengan topik artikel dan disesuaikan dengan negara asal pengunjung blog.

Jika ada pengunjung yang mengeklik iklan AdSense di blog publisher, maka publsiher (blogger) akan mendapat komisi dari Google. Penghasilannya berupa dollar dan akan dibayarkan kepada publisher setiap bulan melalui rekening bank, western union atau paypal setelah penghasilannya mencapai minimal $100.

Jika dalam satu bulan penghasilannya tidak mencapai $100, maka akan dibayarkan pada bulan berikutnya sampai saldo minimal $100.

Jadi, penghasilan blogger itu bukan dari saku pengunjung atau mengambil pulsa dari pembaca. Tetapi dari perusahaan pemasang iklan (melalui Google AdSense) jika pembaca blog mengeklik iklan. Peran pengunjung (pembaca blog) adalah membantu membuka pintu rezeki bagi blogger.

Berapa besar tarif per klik iklan?

Tarif klik iklan itu berbeda, publisher sendiri tidak tahu dia akan dibayar berapa per kliknya. Tarif klik Google AdSense berkisar antara $0,01 – $1, bahkan ada yang sampai puluhan dollar per klik. Tergantung kata kunci, konten blog, jenis iklan dan faktor-faktor lain. Namun rata-ratanya sekitar $0,05 per klik.

Batas aman jumlah pengunjung yang mengeklik iklan adalah maksimal 5%. Misalnya jika pengunjung blog ada 10.000 orang per hari, maka jumlah klik iklan yang dianggap wajar oleh Google adalah sekitar 10.000 x 5% = 500 klik.

Namun rata-rata klik iklan hanya 2% saja dari jumlah pengunjung, yakni dari 10.000 pengunjung hanya sekitar 200 pengunjung saja yang mengeklik iklan.

Contoh, jika jumlah pengunjung per hari ada 10.000 orang dan yang mengeklik iklan ada 2% dengan harga per klik $0.05, maka cara menghitungnya adalah :

Jumlah klik (CTR/RKT) = 10.000 x 2% = 200

Penghasilan = 200 klik x $0.05 = $10 per hari atau 300 dollar per bulan.

Jika $1 = Rp.13.500, maka penghasilannya sekitar Rp. 4.050.000 per bulan.

Hitung-hitungan di atas tidak mutlak dan tidak tetap, bisa lebih besar, bisa juga lebih kecil. Tergantung jumlah pengunjung blog, jumlah klik dan harga per klik.

Sekedar informasi yang diperoleh dari beberapa sumber, banyak blogger Indonesia yang sudah menghasilkan ribuan dollar setiap bulan. Yang penghasilannya jutaan rupiah per bulan, jumlahnya sudah tidak terhitung.

Kenapa tidak klik sendiri saja iklan AdSense sebanyak-banyaknya?

Sekilas mungkin ada yang berpikir, untuk memperbanyak klik iklan, klik sendiri saja iklannya sebanyak-banyaknya agar penghasilan cepat besar.

Google akan mengetahui publisher (blogger) yang mengeklik iklannya sendiri. Jika publisher berbuat nakal, dia akan didelete dari Google AdSense, iklannya akan blank dan penghasilannya tidak akan dibayarkan karena akan dikembalikan ke pengiklan termasuk bagian Google.

#2. Program Afiliasi

Sumber penghasilan seorang blogger berikutnya adalah program affiliasi.

Program afiliasi adalah bisnis online tanpa modal. Jika blogger tidak diterima jadi publisher Google AdSense atau tidak punya produk sendiri untuk dijual di blog, alternatifnya adalah mengikuti program affiliasi.

Blog yang mengikuti program afiliasi ini tugasnya hanya mereview produk (merekomendasi/ menawarkan produk barang/jasa) milik orang lain. Jika ada pembaca yang tertarik lalu mengeklik link afiliasi (referal) dan melakukan transaksi, maka blogger akan mendapat komisi.

Misalnya, saya memasang link atau banner iklan toko online di blog ini. Lalu sobat mengeklik link atau banner toko online itu dan membeli produk yang dijual di toko online tersebut, maka saya akan mendapat komisi dari hasil penjualan produk yang berhasil dijual.

Bedanya dengan Google AdSense adalah mau beli atau tidak, jika pengunjung sudah mengeklik link atau banner iklan Google AdSense maka blogger akan mendapat komisi. Sedangkan program afiliasi hanya mendapat komisi jika pengunjung melakukan transaksi.

#3. Paid Review

Selain menjadi publisher Google AdSense dan menjadi affilater, seorang blogger bisa menghasilkan uang dari paid review.

Paid review adalah menulis ulasan (review) barang atau jasa kemudian dipublikasikan di blognya, setelah itu ia akan menerima bayaran dari perusahaan yang memintanya untuk menulis artikel review tadi.

#4. Iklan Mandiri

Iklan mandiri adalah salah satu sumber penghasilan blogger. Seorang blogger menyediakan slot iklan di blog/ website miliknya dan langsung ditawarkan kepada calon pemasang iklan.

Iklan mandiri ini biasanya kontrak waktu, misalnya banner ukuran 250 x 300 Rp. 3.000.000 per bulan. Jadi ada atau tidak ada pengunjung yang mengeklik iklan, tidak ada pengaruh karena perjanjiannya hanya menayangkan iklan.

Semakin besar ukuran banner iklan dan semakin banyak jumlah pengunjung, maka tarif iklan mandiri ini akan semakin tinggi. Pengiklan juga biasanya memilik memasang iklan di blog yang sudah memiliki trafik tinggi atau di website-website terkenal.

#5. Menjual Produk Sendiri

Sumber penghasilan blogger lainnya adalah menjual produk sendiri. Bayangan kita selama ini jika ingin jualan di internet harus punya toko online. Padahal tidak selamanya demikian. Kita bisa menjual produk barang atau jasa di blog personal.

Itulah 5 sumber penghasilan seorang blogger yang populer saat ini, semoga bermanfaat. Jika ingin menambahkan, silakan tulis di kolom komentar. Terima kasih.

Tags:

Related Posts "Dari Mana Sumber Penghasilan Seorang Blogger?"

5 Responses

  1. author

    Imam Munandar2 years ago

    Keren Kang, good job !!

    Reply
    • author
      Author

      Husni Cahya Gumilar2 years ago

      Terima kasih kang Imam, telah berkunjung dan memuji. he

      Reply
  2. author

    abdul2 years ago

    Sangat membantu kang, makasih

    Reply
    • author
      Author

      Husni Cahya Gumilar2 years ago

      Kembali kasih kang Abdul..

      Reply
  3. author

    eebay9 months ago

    thanks for info
    lihat disini banyak yang menarik

    Reply

Leave a reply "Dari Mana Sumber Penghasilan Seorang Blogger?"