5 Cara Terbaru Meningkatkan Pengunjung Blog Paling Jitu

5 Cara Terbaru Meningkatkan Pengunjung Blog Paling Jitu – Halo sobat Tips Ngeblog! Ketika kita sudah mengorbankan waktu dan susah payah membuat banyak artikel tetapi grafik visitor tidak mau naik, di situ kadang kita merasa sedih, galau, merana dan nyaris putus asa. Sudah cari sana sini trik mendongkrak trafik blog paling ampuh namun belum berhasil juga, apa yang salah?

Jangan-jangan kita berada di zona ini?

  • Besar angan-angan minim tindakan
  • Banyak teori minim praktek
  • Banyak blogwalking minim posting
  • Banyak copas minim kualitas

Jika, YA. Maka sekarang kita ganti menjadi :

  • Banyak bertindak
  • Banyak praktek
  • Rajin posting dan blogwalking
  • Buat artikel berkualitas

Kalau kata Bapak Presiden Jokowi, “AYO KERJA!”

Baiklah, langsung saja simak cara meningkatkan pengunjung blog paling jitu yang sudah terbukti dan tidak ada salahnya jika sobat coba pada blog kesayangan.

Cara meningkatkan pengunjung blog (website)

1. Buatlah judul memikat

Langkah pertama adalah membuat judul yang memikat dan bikin penasaran pembaca. Judul yang mengundang penasaran akan memiliki peluang lebih besar untuk diklik pembaca. Lain halnya jika judul terlalu standar, mesikpun berada di ranking #1 Google belum tentu mendapat banyak klik.

Selain dapat meningkatkan pengunjung blog, banyaknya pengunjung dari mesin pencari juga akan mempengaruhi posisi artikel di SERP Google. Karena pedomannya adalah Google akan suka kalau pembaca suka. SEO terbaru itu seperti ini :

Banyak klik >> trafik blog meningkat >> posisi artikel di SERP terus merangkak naik ke halaman pertama >> pengunjung blog berlimpah >> penghasilan AdSense bisa buat beli sawah, rumah mewah, sedekah dan menikah.

Contohnya sobat bisa lihat di situs-situs besar, perhatikan bagaimana cara mereka menulis judul memikat. Selain mampu meningkatkan pengunjung blog, judul yang bikin penasaran juga dapat menambah jumlah pageview dan mengurangi bounce rate.

cara meningkatkan pengunjung blog paling jitu

2. Buatlah konten menarik

Jika diumpamakan pada sebuah toko, blog ibarat bangunan, template ibarat etalase, judul ibarat kemasan dan artikel (konten) ibarat barang dagangan.

Jika toko sulit dijangkau, entah jauh atau jalannya rusak maka pengunjung pasti sedikit. Jika mudah dijangkau tapi tata letaknya kurang rapi, pengunjung yang datang mungkin tidak jadi beli. Jika mudah dijangkau, penampilannya rapi, tapi kemasannya buruk mungkin pembeli tidak akan tertarik. Dan jika semuanya sudah baik, namun setelah dibuka barangnya tidak layak jual, pembeli mungkin tak mau datang lagi.

Kalau blog mau ramai pengunjung, maka kita harus membuat blog ringan diakses, tidak ada broken link, judulnya menarik dan kontennya bernilai jual tinggi alias berguna bin bermanfaat bagi manusia.

Kita juga harus pandai menganalisa kebutuhan pembaca, dengan kata lain kita harus pintar menemukan topik yang banyak dicari atau sedang tren. Caranya bisa menggunakan Google Adword Planner, Google Trend atau mengikuti perkembangan tren di situs besar, media sosial dan televisi.

Namun jangan salah, kompetitor juga tidak tidur. Mereka mungkin sudah lebih dulu melangkah dan menguasai rute petualangan di dunia maya, jadi kita harus menjalin hubungan baik dengan mereka untuk menimba ilmu, pelajari kelemahan dan kelebihannya kemudian berikan nilai lebih pada konten milik kita.

Misalnya, jika artikel kompetitor panjangnya 900 kata,  maka kita buat artikel lebih panjang, 1.000 kata atau lebih. Katanya artikel 2.000 – 2.500 kata malah lebih bagus dan kuat di SERP.

Agar tidak terjebak dalam artikel panjang yang bertele-tele dan membosankan, maka lakukan tips berikut:

  • Paragrafnya jangan terlalu panjang, maksudnya agar pembaca tidak bosan
  • Tidak mengulang-ngulang kata atau kalimat
  • Pembahasan tetap fokus, dinamis dan lengkap
  • Gunakan bullet dan numbering
  • Sisipkan minimal 1 buah gambar

3. Optimasi SEO Onpage

Optimasi SEO onpage memegang peranan penting dalam upaya meningkatkan pengunjung blog, karena dengan SEO onpage kita bisa menempatkan artikel di halaman pertama Google.

Untuk langkah awal, sobat cukup melakukan 3 hal berikut:

3.1. Penempatan keyword

Penempatan keyword (kata kunci) yaitu pada judul artikel, slug (URL), paragraf pertama, paragraf terakhir, H1, H2, H3, meta deskripsi, title tag dan alt tag gambar. Adapun kerapatan kata kunci (keyword density) ideal menurut SEO by Yoast adalah 2 – 4,5%.

Letaknya? Silakan sebar secara natural dalam artikel sobat.

3.2. Link internal

Link internal juga penting. Coba kita perhatikan situs wikipedia, situs itu selalu teratas dan di dalamnya terdapat link-link terkait yang relevan dan natural. Yang harus diperhatikan dalam penulisan anchor text adalah tidak menggunakan kata disini, gunakanlah anchor text sesuai dengan keyword dan tidak menggunakan kata kunci sebagai anchor text link eksternal.

Misalnya, kata kunci yang dibidik adalah cara meningkatkan pengunjung blog. Nah kita jangan tautkan frase tersebut ke situs lain.

Penting : Jangan membuat link spam, yaitu membuat link pada artikel yang tidak ada hubungannya sama sekali.

3.3. Meta Deskripsi

Buat deskripsi singkat sepanjang 150-160 kata yang menggambarkan isi artikel dan sisipkan kata kunci di dalamnya.

Meta deskripsi di Blogger bisa diaktifkan dari setelan, sedangkan di WordPress terdapat di plugin SEO.

4. Submit Artikel

Tiga cara di atas merupakan cara meningkatkan jumlah visitor organik dari mesin pencari. Butuh sedikit kesabaran untuk memperoleh trafik melimpah. Namun, jika kuantitas dan kualitas konten sudah memadai serta berada pada posisi terbaik di mesin pencari maka tidak update pun, pengunjung tidak akan menurun.

Ini dapat saya buktikan di blog wisatakagarut.blogspot.com, artikelnya hanya ada 12 buah tapi pengunjungnya bisa mencapai 200 uv per hari.

Namun jika sobat ingin mendatangkan trafik ribuan dalam waktu singkat, ada cara instan yang mampu mendongkrak trafik blog atau website sampai ribuan pengunjung per hari dari 1 atau 2 artikel saja.

Caranya:

  • Buat judul yang bikin penasaran,
  • Buat konten unik, lalu
  • Submit atau kirim artikel tersebut ke VIVAlog (VIVA.CO.ID), Citizen6 (Liputan6.com) atau Dream.co.id.

Situs tersebut merupakan situs besar yang pengunjung per harinya sudah ratusan ribu, bahkan mencapai jutaan.

Ini juga telah saya buktikan di blog zonalibur.blogspot.com, ketika artikelnya ditayangkan di VIVAlog, visitor melonjak drastis mencapai 1.000 lebih padahal usia blog baru beberapa hari dan artikelnya pun tidak lebih dari 15 buah. Namun kelemahannya, setiap kali update kita harus submit artikel.

5. Endors

Meningkatkan pengunjung blog dengan cara ini kurang direkomendasikan untuk pemula karena harus merogoh kocek untuk membayar endorser.

Namun sebetulnya masih bisa diatasi, caranya kita menjadi endorser untuk blog kita sendiri atau meminta bantuan teman dan saudara yang punya banyak follower di facebook, google plus, twitter dan instagram untuk mengendors situs kita.

Tambahan:

Banyak cara ‘halal’ yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pengunjung blog, misalnya blogwalking, aktif di forum diskusi dan menjadi penulis tamu.

Hal penting yang harus kita perhatikan saat blogwalking adalah tidak meminta kunbal (kunjungan balik), tidak menulis komentar basa-basi, tidak meninggalkan link aktif dan gunakan nama sobat.

Tujuan blogwalking bukan sekedar mencari backlink, tetapi jauh lebih penting dari itu adalah membangun relasi. Jika kita sudah terkenal, maka tulisan apapun di blog kita pasti dinikmati pembaca.

Itu saja, semoga 5 cara meningkatkan pengunjung blog ini bermanfaat. Selamat mencoba!

19 Comments

Leave a Reply