Tips Blog

Cara Riset Keyword dan Menempatkan Kata Kunci Dalam Artikel

Cara riset keyword dan menempatkan kata kunci dalam artikel –Selain konten, kata kunci atau keyword juga menjadi penentu keberhasilan sebuah blog untuk memenangkan persaingan di halaman pertama hasil pencarian mesin telusur Google.

Apa itu riset keyword?

Riset keyword atau riset kata kunci merupakan bagian dari SEO onpage sebagai langkah awal untuk mengoptimalkan mesin pencari dari dalam blog itu sendiri.

Riset keyword yaitu menemukan kata kunci potensial yang sering dicari oleh pengunjung di mesin pencari sehingga visitor organik dari mesin pencari jumlahnya meningkat.

Jenis-jenis keyword

Berikut adalah beberapa jenis-jenis keyword yang perlu kita ketahui:

1. Short tail keyword

Short tail keyword adalah kata kunci pendek yang hanya tediri dari satu atau dua kata. Contohnya menulis, membaca, latihan menulis, belajar membaca, membuat blog, dan lain-lain. Tingkat persaingan short tail keyword biasanya sangat tinggi dan memerlukan kemampuan SEO yang mumpuni.

2. Long tail keyword

Long tail keyword yaitu kata kunci yang lebih panjang dari short tail keyword. Contohnya cara daftar google Adsense, cara membuat blog gratis di blogger, cara membuat website keren, daftar iklan PPC terbaik, dan lain-lain.

Blogger pemula seperti saya lebih cocok menggunakan long tail keyword karena persaingannya tidak terlalu ketat, namun kesulitannya kita harus pandai menemukan long tail keyword yang tepat.

3. Keyword abadi

Keyword abadi adalah kata kunci yang terus digunakan pengunjung untuk mencari informasi di mesin pencari. Keyword abadi ini tidak kadaluarsa dan tidak akan lekang dimakan zaman, sehingga postingan lama pun bisa mendatangkan trafik. Contohnya: jalur pendakian gunung Semeru, Obat sakit perut, cara membuat blog, dan lain-lain.

4. Keyword musiman

Tren keyword musiman biasanya hanya sesaat, contohnya nama putra Rafi Ahmad, Pernikahan Bayu Kumbara dan Jennifer, fatwa haram BPJS, dan lain-lain.

Cara Riset Keyword dan Menempatkan Kata Kunci Dalam Artikel

Cara riset keyword

Riset keyword bisa memanfaatkan beberapa tool gratis, yaitu:

Google Adwords: Keyword Planner

http://ubersuggest.org

http://keywordshitter.com

http://keywordtool.io

Dan lain-lain

Cara menempatkan kata kunci (keyword) dalam artikel

Untuk memperoleh hasil maksimal di mesin pencari, kita harus menyimpan kata kunci dalam artikel secara tepat. Berdasarkan pengalaman dan referensi dari berbagai sumber, tempat menyimpan kata kunci adalah sebagai berikut:

1. Menempatkan kata kunci pada judul

Pada artikel sebelumnya 5 Cara Terbaru Meningkatkan Pengunjung Blog Paling Jitu telah disebutkan bahwa kita harus membuat judul yang menarik dan bikin penasaran pembaca. Dalam judul tersebut harus kita menyisipkan kata kunci utama.

Contohnya, saya telah menyisipkan frase menempatkan kata kunci dalam judul postingan ini, Frase tersebut adalah fokus keyword jenis long tail keyword yang saya gunakan untuk mengoptimasi pos ini.

2. Menyimpan kata kunci dalam 100 kata pertama

Kenapa kata kunci harus disimpan pada 100 kata pertama?

Karena snipet atau potongan artikel yang muncul pada halaman hasil pencarian (SERP) jumlahnya tidak lebih dari 150 kata. Jadi penting untuk menyimpan keyword di 100 kata pertama postingan.

3. Menyimpan keyword dalam paragraf

Selanjutnya keyword disebar dalam tubuh artikel secara natural dengan pengulangan (keyword density) antara 2 – 4,5% dari jumlah kata artikel. Misalnya jika panjang kata terdiri dari 100 kata, maka kerapatan kata kunci ideal adalah 20 – 45 kata. Usahakan pengulangan keyword tidak lebih dari jumlah itu dan gunakan sinonim kata untuk memperkuat kata kunci.

4. Menempatkan Keyword dalam slug

Biasanya slug atau link posting akan dibuat secara otomatis, yakinkan dalam slug tersebut sudah terdapat keyword utama. Jika terpotong, buang kata pendukung judul lalu ganti dengan target keyword. Contoh slug adalah : http://tipsngeblog.com/blog/cara-menempatkan-kata-kunci-dalam-artikel/

5. Menempatkan kata kunci pada H1 dan H2

Kita juga harus meletakan kata kunci dalam sub judul H2, H3, H4 dan seterusnya. Contohnya bisa sobat perhatikan frase menempatkan kata kunci dalam postingan ini.

6. Meletakan Keyword pada title tag dan alt tag gambar

Sisipkan minimal satu buah gambar dalam artikel postingan, fungsinya selain agar pembaca tidak merasa jenuh dengan ratusan kata dan untuk memberikan ilustrasi, juga penting untuk menyimpan keyword.

Letakan keyword dalam alt tag, deskripsi dan title tag gambar. Dalam blog WordPress form ini terdapat pada saat upload gambar, sedangkan pada Blogspot yaitu klik gambar di postingan lalu pilih properties.

7. Menyimpan kata kunci pada meta deskripsi

Cara mengaktifkan meta deskripsi pada blog WordPress adalah dengan menginstall plugin SEO by Yoast atau plugin SEO lainnya. Sedangkan mengaktifkan meta deskripsi pada Blogspot yaitu pada setting (setelan dasar) di bilah sisi dasbor blogspot.

Buat deskripsi singkat sepanjang kurang lebih 150 kata yang menggambarkan isi artikel, kemudian sisipkan kata kunci dalam deskripsi tersebut.

Tambahan :

Agar optimasi #SEO onpage lebih maksimal, beri efek cetak tebal, miring atau garis bawah pada beberapa kata kunci utama. Fungsinya untuk menandai kata tersebut merupakan kata penting dalam artikel kita. Ingat, kata kunci dan isi artikel harus relevan!

Itulah cara riset keyword dan menyimpan kata kunci dalam artikel postingan blog, semoga bisa memberi manfaat bagi sobat blogger. Selanjutnya pengertian dan 5 cara membuat backlink berkualitas secara natural.

Tags:

Related Posts "Cara Riset Keyword dan Menempatkan Kata Kunci Dalam Artikel"

8 Responses

  1. author

    pembicara1 year ago

    Saya juga sepakat dengan Anda bahwa memilih kata kunci atau keyword yang tepat memang menjadi hal sangat penting dalam proses SEO untuk kita bisa menjadi nomor 1 di google, apalagi untuk mendapatkan buying keyword pastilah kita memerlukan analisa kata kunci yang lebih mendalam.

    Namun saat ini fasilitas “google keyword planner” sudah tidak lagi menunjukkan hasil angka yang exact (tepat) tetapi angka yg ditunjukkan adalah angka estimasi (angka-angka dalam range tertentu). Yang ingin saya tanyakan adalah dimanakah kita dapat menemukan tools atau website yang dapat menunjukkan hasil pencarian dengan angka yang tepat ?

    Terimakasih

    Reply
    • author
      Author

      Husni Cahya Gumilar1 year ago

      Sejauh pengetahuan saya Google KW Planer gan

      Reply
  2. author

    a..hidayat10 months ago

    Artikel ini sangat lengkap, sangat terperinci dengan dilengkapi contoh konkritnya. Saya sangat terbantu dengan artikel ini, karena selama ini saya bingung untuk menepatkan kata kunci dipostingan. Terima kasih Gan !

    Reply
    • author
      Author

      Husni Cahya Gumilar8 months ago

      Sama-sama gan, saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi. masih kurang lengkap dan masih jauh dari sempurna. Terima kasih sudah berkunjung.

      Reply
  3. author

    Riaisy10 months ago

    wordze juga bisa dijadikan perbandingan tool keyword gratis

    Reply
    • author
      Author

      Husni Cahya Gumilar8 months ago

      Iya gan, terima kasih atas info tambahannya.

      Reply
  4. author

    Benny8 months ago

    Sangat membantu, terima kasih ilmunya !!!!!

    Reply
    • author
      Author

      Husni Cahya Gumilar8 months ago

      Baik mas, sama-sama. semoga bermanfaat..

      Reply

Leave a reply "Cara Riset Keyword dan Menempatkan Kata Kunci Dalam Artikel"