Tutorial Hosting

Cara Mengetahui Domain Mantan Banned Search Engine

Cara mengetahui domain mantan banned search engine – Halo sobat blogger! Postingan ini muncul karena pengalaman pribadi yang beberapa hari ke belakang telah salah memilih nama domain sehingga bisa disebut gagal membeli domain karena blog tidak terindex Google, iklan AdSense pun tidak mau muncul.

Awalnya saya tidak menaruh curiga domain itu mantan banned search engine, namun setelah beberapa hari blog tidak terindex Google dan iklan AdSense tidak mau tampil, padahal sudah berkali-kali disubmit ke Google Console dan sukses didaftarkan ke Google Webmaster Tool.

Akhirnya saya coba konsultasikan kejanggalan itu kepada pihak provider web hosting Qwords.com, mereka mengclaim bahwa dari sisi hosting tidak ada masalah, menurutnya Google menganalisa URL yang disubmit bisa sampai 7 hari.

Tapi saya tidak sabar menunggu waktu 7 hari, biasanya beberapa menit setelah menginstall CMS WordPress, melakukan beberapa pengaturan dan posting artikel, blog langsung terindex Google, iklan AdSense pun langsung muncul.

Karena itu saya coba cari di Google, apa penyebab iklan AdSense tak mau muncul?, apa penyebab blog tidak bisa terindex google? Alhasil, saya menemukan jawaban bahwa domain yang dibeli sudah pernah digunakan orang lain dan kemungkinan mantan banned search engine.

Masalahnya bukan pada nama domain, tetapi pada paket hosting. Saya beli paket hosting personal yang tidak memiliki fasilitas adon domain sehingga tidak bisa menambahkan domain baru pada hosting tersebut. Solusi yang ditawarkan provider web hosting adalah meng-upgrade paket hosting dan mengganti domain utama dengan menggunakan layanan Flexi Main Domain. Flexi main domain adalah layanan untuk mengubah nama domain utama yang terdaftar di server hosting Qwords.

Sementara waktu, saya tidak melakukan apa-apa untuk blog dengan domain mantan banned search engine tersebut, saya lebih memilih untuk mendaftarkan domain baru dengan nama sendiri yakni http://husnicahyagumilar.com. Baca juga : Cara daftar hosting dan domain com

 

Kerugian membeli domain mantan banned search engine

Kerugian akibat gagal memilih nama domain di antaranya adalah domain tidak terindex Google dan iklan AdSense tidak muncul. Akibatnya artikel yang diposting di blog mantan banned search engine akan sia-sia karena tidak akan ditemukan pembaca di mesin pencari.

Kerugian lainnya yaitu uang. Uang yang sudah diinvestasikan untuk membeli domain dan hosting tidak bisa kembali, kecuali digunakan untuk latihan atau eksperimen (trial and error).

Cara mengetahui domain mantan banned search engine

Berdasarkan beberapa sumber yang saya peroleh dari pencarian di Google dan pengalaman pribadi, berikut adalah cara mengetahui domain mantan banned seach engine:

Sebelum membeli domain:

#1. Melakukan pengecekan apakah domain mantan banned search engine atau bukan dengan Google Banned Site Checker.

Cara Mengetahui Domain Mantan Banned Search Engine

#2. Lakukan pencarian di Google dengan kata kunci namadomain.com (contoh : tipsngeblog.com). Kalau sebelumnya domain sudah pernah dipakai orang lain, pada hasil pencarian akan muncul namadomain.com (contoh : tipsngeblog.com) baik terdapat pada URL tempat dia membuat backlink, di forum atau di tempat share website. Saya sendiri punya kesimpulan domain yang dibeli adalah mantan banned seach engine karena beberapa postingannya muncul di lintas.me.

Jika sudah terlanjur membeli domain:

#3. Daftarkan blog ke Google Webmaster Tool, kemudian lihat di status indexnya. Kalau sudah pernah digunakan, di situ akan muncul angka yang menunjukkan jumlah url terindex Google.

Reconsideration domain mantan banned search engine

Tips agar Google memasukkan domain mantan banned ke index Google yang bisa sobat coba adalah daftarkan blog ke Google Webmaster Tool, hapus semua index lalu mengajukan reconsideration, jelaskan sesuatu yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan tim Google, tunggu sampai ada jawaban dari Google.

Demikian cara mengetahui domain mantan banned search engine, semoga bermanfaat. Ingat pepatah “teliti sebelum membeli”. Salam!

Tags:

Related Posts "Cara Mengetahui Domain Mantan Banned Search Engine"

Leave a reply "Cara Mengetahui Domain Mantan Banned Search Engine"