Panduan WordPress

Cara Install WordPress.org di CPanel : Panduan WordPress Bagian 1

Cara Install WordPress.org di Cpanel merupakan serial panduan WordPress bagian 1. Tutorial WordPress self hosting ini akan berguna terutama bagi teman-teman blogger yang ingin membuat blog WordPress self hosting dengan domain sendiri atau bagi teman-teman yang telah mengambil keputusan bulat untuk migrasi dari Blogspot.com ke WordPress.org.

Sebelum membahas cara install CMS WordPress.org di CPanel, kita bahas dulu sedikit, apa itu WordPress.org dan apa itu Cpanel?

Apa itu WordPress?

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL.

WordPress merupakan penerus resmi dari b2/ cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman Matt Mullenweg. WordPress saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan Tipsngeblog.com, hehe.

Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

WordPress.org merupakan wilayah pengembang (developer). Di alamat ini, seseorang dapat mengunduh (download) aplikasi beserta seluruh berkas CMS WordPress. Selanjutnya, CMS ini dapat diubah ulang selama seseorang menguasai PHP, CSS dan skrip lain yang menyertainya. WordPress dengan Bahasa Indonesia ada berkat kerja para kontributor di Indonsia yang dipimpin oleh Huda Toriq, seorang Mahasiswa Kedokteran dari UNDIP Semarang.

WordPress.com merupakan situs layanan blog yang menggunakan mesin WordPress, didirikan oleh perusahaan Automattic. Dengan mendaftar pada situs WordPress.com, pengguna tidak perlu melakukan instalasi atau konfigurasi yang cukup sulit. Sayangnya, pengguna WordPress.com tidak dapat mengubah template standar yang sudah disediakan. Artinya, pengguna tidak dapat menambahkan asesoris apa pun selain yang sudah disediakan. Meski demikian, fitur yang disediakan oleh WordPress.com sudah cukup bagus. WordPress.com juga tidak bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang dari blog melalui iklan Google AdSense.

Berikut ringkasan perbedaan dalam penggunaan WordPress.org dan WordPress.com:

  • WordPress.org: untuk pengguna yang ingin memodifikasi WordPress menurut kebutuhan sendiri atau ingin membuat blog menggunakan alamat dan server sendiri.
  • WordPress.com: untuk pengguna yang ingin membuat blog sendiri secara cepat dan punya alamat website.

(sumber: Wikipedia)

Apa itu cPanel?

CPanel adalah online Control Panel yang dapat digunakan untuk mengatur website, membuat email account dan banyak hal lainnya seperti instalasi script WordPress.org.

Beberapa hal yang dapat dilakukan dengan cPanel:

  1. Menambah/menghapus/merubah Email account
  2. Upload file dari browser
  3. Instalasi software/script seperti install WordPress.org
  4. Password protection untuk folder
  5. Edit file-file web site anda langsung dari browser
  6. Melihat Statistik web site
  7. Menambah atau menghapus sub domain, dll.

Jadi kalau kita mau memiliki blog/website di WordPress.org, kita harus punya server dan domain sendiri. Untuk hal ini, kita tidak perlu pusing memikirkan server sendiri karena di Indonesia sudah banyak perusahaan bonafid yang menyediakan layanan sewa hosting dan registrasi domain, salahsatunya adalah MetroWorldHost.com yang menawarkan webhosting dan VPS murah dengan kualitas server yang didukung oleh teknologi terbaru serta technical support 24 jam.

Dengan menywa web hosting dan domain di provider, kita akan diberikan Cpanel yang berfungsi memudahkan kita dalam mengelola blog atau website, menginstall WordPress.org atau CMS lainnya.

Setelah kita melakukan pembayaran untuk sewa hosting dan registrasi domain .COM, kita akan diberi user akun dan password untuk loading ke cPanel.

Selanjutnya adalah menginstall CMS WordPress.org di cPanel. Caranya silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara install WordPress.org di cPanel

  • Login ke cPanel dengan mengetik http://domainanda.com/cpanel di browser. (domainanda.com ganti dengan domain Anda yang sebenarnya, contoh http://tipsngeblog.com/cpanel)
  • Masukkan user name dan password login, seperti gambar di bawah ini.
cara install wordpress.org di cpanel bagian 1

Login ke cPanel Hosting

  • Setelah berhasil login ke cPanel, geser (scroll) layar ke bawah sampai menemukan gambar seperti di bawah ini.
cara install wordpress.org di cpanel bagian 2

Install CMS WordPress menggunakan Softacolous di cPanel

  • Kemudian klik pada gambar atau tulisan WordPress seperti ditunjukkan gambar di atas.
  • Klik Install, perhatikan gambar di bawah ini.
cara install wordpress.org di cpanel bagian 3

Install WordPress di cPanel menggunakan Softacolous

  • Isi form blog/website Anda:
    • Chose protocol: pilih http:// atau http://www
    • Chosedomain: silakan pilih nama domain Anda
    • In Directory: kosongkan
    • Site Name: Isi dengan nama website Anda
    • Site Description: Isi dengan deskripsi/motto website Anda
    • Enable WPNU: biarkan saja
    • Admin user name: isi dengan username untuk Anda login ke dasbor WordPress (jangan sampai lupa)
    • Admin password: isi dengan password yang mudah diingat tapi sulit dibobol hacker (simpan password Anda baik-baik)
    • Select language: silakan ganti dengan bahasa Indonesia
  • Klik Install, lalu tunggu proses loading install WordPress beberapa saat.
  • Kalau proses install WordPress.org sudah selesai, Anda bisa melakukan settingan pada blog WordPress seperti menambahkan laman statis, mengganti template dan beberapa pengaturan lain di dasbor WordPress.

Untuk bisa login ke dasbor WordPress self hosting, Anda cukup mengetik http://domainanda.com/wp-admin di browser.

Itulah panduan WordPRess bagian 1 cara install WordPress.org di cPanel. Selanjutnya Panduan WordPress Bagian 2 : Cara Mengganti Template Blog WordPress.

Saya sarankan langsung praktek ya, kalau belum punya hosting dan domain beli dulu di MetroWorldHost.com supaya harganya bisa lebih murah.

Jika penjelasan cara install WordPress.org di atas kurang jelas, silakan tanyakan di kolom komentar. Jangan sungkan, malu bertanya sesat di jalan.

Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tags:

Related Posts "Cara Install WordPress.org di CPanel : Panduan WordPress Bagian 1"

Leave a reply "Cara Install WordPress.org di CPanel : Panduan WordPress Bagian 1"