VPS Murah

Cara Ampuh Agar Artikel Blog Muncul di Halaman Pertama Google

Cara ampuh agar artikel blog muncul di halaman pertama Google TipsNgeblog.com. Kali ini kita akan bahas cara jitu menembus ketatnya persaingan di halaman pertama SERP Google agar artikel blog bisa ditemukan oleh pembaca.

Mayoritas pembaca biasanya hanya mengeklik link artikel yang muncul pada urutan 10 besar halaman hasil pencarian (SERP), kecuali jika pembaca tidak menemukan judul dan snipet yang dia cari di halaman pertama mesin pencari.

Mesin pencari yang paling banyak digunakan saat ini adalah Google. Oleh karena itu menempatkan artikel pada halaman pertama Google akan sangat berpengaruh terhadap jumlah visitor organik. Semakin banyak artikel yang posisinya di pageone maka jumlah visitor organik kemungkinan besar akan terus bertambah.

Baca juga : 5 Cara Terbaru Meningkatkan Pengunjung Blog Paling Jitu

Tips ampuh agar artikel muncul di halaman pertama Google

cara agar artikel muncul di halaman pertama google

#1. SEO Onpage

SEO Onpage adalah cara mengoptimalkan blog di mesin pencari dari dalam blog itu sendiri. Beberapa teknik SEO Onpage yang bisa diterapkan antara lain:

1.1. Menempatkan Kata Kunci

Kata kunci atau keyword merupakan kata atau frase (gabungan kata) yang biasa ditulis di browser oleh pembaca saat mencari artikel terkait di internet. Jadi kata kunci itu harus relevan dengan topik artikel agar pembaca tidak merasa tertipu.

Baca juga : Tujuh Penyebab Blog Sepi Pengunjung yang Jarang Diketahui

Berdasarkan musimnya, kata kunci dibagi menjadi 2, yakni kata kunci abadi dan musiman. Kata kunci abadi adalah kata kunci yang terus dicari sepanjang zaman. Sedangkan kata kunci musiman adalah kata kunci yang dicari pada masa tertentu sesuai tren.

Agar artikel kita muncul di halaman pertama Google, keyword harus ditempatkan pada tempat yang tepat, yaitu pada judul artikel, slug, pada 100 kata pertama, meta deskripsi, title tag dan alt tag gambar.

1.2. Keyword Density

Keyword density atau kerapatan kata kunci ideal menurut SEO by Yoast adalah 2 – 4,5%. Jika mengulang-ngulang kata kunci lebih dari 4,5% akan dianggap spam dan hasilnya di SERP akan buruk. Daripada mengulang-ngulang kata, lebih disarankan menggunakan sinonim kata.

1.3. Efek Cetak Tebal, Miring dan Garis Bawah

Beri efek cetak tebal, miring atau garis bawah pada kata kunci yang dibidik. Tetapi tidak boleh berlebihan, hanya sekedar menandari bahwa kata yang diberi efek cetak tersebut merupakan kata penting.

1.4. Membuat Link Internal

Tautkan setiap artikel terkait di blog dengan anchor text natural. Gunakan keyword atau sinonim keyword sebagai anchor text. Hindari penggunaan acnhor text DISINI dan hindari menulis anchor text dengan kata kunci utama dalam membuat link eksternal.

1.5. Kualitas dan Kuantitas Artikel

Artikel harus mengutamakan kepuasan pembaca yang memberikan manfaat dan solusi serta redaksinya menggunakan bahasa yang baik dan benar. Jika artikel kita sering dibaca dan dishare oleh pembaca maka Google akan menempatkannya di halaman pertama Google, karena tulisan kita dinilai bermanfaat.

Panjang artikel ideal menurut beberapa sumber adalah 2.500 kata. Tapi tergantung kompetisinya. Jika persaingannya tidak terlalu ketat, 500 atau 1000 kata juga bisa memenangkan persaingan di halaman hasil pencarian.

Artikel Terkait : Cara Mudah Menemukan 5 Sumber Inspirasi Menulis Artikel

#2. SEO Offpage

SEO Off page adalah teknik promosi situs yang dilakukan di luas situs tersebut. Misalnya :

  • Membuat backlink natural dan berkualitas
  • Share artikel ke VIVAlog
  • Endors
  • Pasang Iklan
  • Dan lain-lain.

Kenapa SEO off page penting?

Karena semakin banyak pembaca maka Google akan menempatkan situs kita di halaman pertama, karena konten dinilai berkualitas, bermanfaat dan dibutuhkan oleh pembaca.

Itulah trik ampuh agar artikel blog menempati halaman pertama Google. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Bagikan yuk!

Tags:

Tinggalkan Komentar