Tips Blog

Baru! Keyword Density Ideal Rekomendasi Yoast SEO

Keyword Density Ideal Rekomendasi Yoast SEO – Plugin SEO by YOAST dikenal sebagai plugin SEO terbaik untuk flatform WordPress. Plugin ini sering direkomendasikan oleh pakar SEO dan blogger senior.

Sebagai junior, saya ikut kata senior. Ternyata petunjuk mereka tidak salah. Dengan menginstall plugin Yoast SEO, saya dapat ilmu tentang cara menempatkan kata kunci dan menghitung keyword density ideal dalam artikel.

Sekedar mengingatkan barangkali sobat lupa, kata kunci dalam konteks ini adalah kata yang sering digunakan pengguna internet (pembaca) untuk mencari informasi terkait di mesin pencari seperti Bing, Yahoo!, Ask atau Google.

Mesin pencari akan menampilkan ratusan hingga ribuan link artikel yang relevan dengan kata kunci pada halaman hasil pencarian atau search engine resulit page (SERP). Link artikel ini biasanya terdiri atas baris judul artikel, URL artikel dan deskripsi.

Baca :

5 Tips Ampuh Menempati Halaman Pertama Google

Cara Ampuh Agar Artikel Blog Muncul di Halaman Pertama Google

Coba perhatikan gambar di bawah ini, hasil pencarian di Google dengan kata kunci “proposal pembangunan kirmir”.

keyword density ideal

Kata yang dicetak tebal pada URL dan deskripsi menunjukkan kata kunci yang dicari pembaca di mesin pencari. Jadi selain menyebar kata kunci dengan keyword density ideal dalam artikel, kita juga harus menempatkan keyword pada judul artikel, url dan deskripsi.

Baca : Cara Riset Keyword dan Menempatkan Kata Kunci Dalam Artikel

Sedangkan keyword image bisa disisipkan di title tag dan alt tag image. Penyebab gambar tidak muncul di halaman hasil pencarian Google image adalah tidak menuliskan fokus keyword pada title tag dan alt tag image.

Karena banyaknya blog/ website yang berisi informasi serupa dari sebuah kata kunci, maka kita harus membuat strategi jitu agar blog kita bisa tampil di halaman pertama Google dan mudah ditemukan oleh pengunjung.

Baca juga : Cara terbaru meningkatkan pengunjung blog paling jitu

Cara menempatkan blog di halaman pertama Google di antaranya dengan menerapkan teknik SEO onpage dan SEO off page. SEO onpage adalah teknik mengoptimasi mesin pencari dari dalam blog itu sendiri, sedangkan SEO offpage dilakukan di luar mesin mencari seperti memasang iklan.

Salah satu teknik SEO onpage yang perlu diterapkan adalah menempatkan dan mengatur jumlah keyword density dalam artikel secara tepat dan benar.

Sebelum diupdate ke versi terbaru, plugin SEO by Yoast merekomendasikan keyword density ideal adalah berkisar antara 2 hingga 4,5%.

Namun di versi terbarunya, keyword density atau kerapatan kata kunci yang dianggap SEO tidak boleh melebihi 2,5% dari jumlah kata dalam artikel postingan.

Misalnya, jika sobat membuat artikel sepanjang 400 kata, maka pengulangan fokus keyword tidak boleh melebihi 10 kali. Kalau lebih dari 2,5% maka skor SEO nya akan rendah.

Itulah informasi terbaru mengenai keyword density ideal versi Yoast SEO. Semoga bermanfaat dan memabantu sobat untuk menempatkan artikel di halaman pertama SERP Google. Salam!

Tags:

Related Posts "Baru! Keyword Density Ideal Rekomendasi Yoast SEO"

2 Responses

  1. author

    Sitampan11 months ago

    terima kasih mas atas penjelasaannya mengenai KD untuk SEO,, kalau 2000 kata ideal keyword density nya brapa ya mas ? mkasih

    Reply
    • author
      Author

      Husni Cahya Gumilar11 months ago

      1-2% mas dari jumlah kata

      Reply

Leave a reply "Baru! Keyword Density Ideal Rekomendasi Yoast SEO"