VPS Murah

Bagus Mana Blogger atau WordPress? Temukan Jawabannya di Sini

Bagus Mana Blogger atau WordPress? Temukan Jawabannya di Sini – Halo sobat Tips Ngeblog! Pertama kali belajar ngeblog pada Februari 20015 lalu, saya sempat bingung pilih WordPress atau Blogger. Setelah keduanya dicoba, akhirnya saya bisa menemukan jawabannya dan sayang jika pengalaman tersebut mengendap begitu saja. Hari ini saya ingin membagikannya kepada sobat blogger yang sedang bingung pilih Blogger atau WordPress.

Blogger dan WordPress merupakan flatform blog paling populer saat ini. Kedua flatform blog ini mudah digunakan, ramah di mesin pencari dan gratis.

#WordPress terbagi dua, yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Perbedaannya adalah WordPress.com gratis, sedangkan WordPress.org hanya bisa digunakan apabila kita membuat blog self hosting dengan domain sendiri seperti [dot]com.

Baca juga : Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Gratis dan Keren di Blogger

Baiklah, akan saya coba bahas satu per satu perbedaan Blogger, WordPress.com dan WordPress.org agar sobat bisa menemukan jawaban atas pertanyaan bagus mana Blogger dan WordPress.

bagus mana blogger dan wordpress

#1. Flatform Blogger (Blogspot)

#Blogger adalah flatform blog gratis dari Google dan saat ini bisa dibilang sebagai flatform blog terbaik yang sangat handal. Pengguna layanan blogger bisa menggunakan subdomain gratis yakni [dot]blogspot[[dot]com, [contohnya: http://wisatakagarut.blogspot.com].

Subdomain [dot]blogspot[[dot]com juga bisa diganti dengan top level domain (TLD) seperti [dot]com, [dot]net, [dot]org, [dot]co, atau domain Indonesia seperti [dot]id, [dot]co[dot]id, [dot]web[id], dan lain-lain.

Penyimpanan data blog di Blogger tidak terbatas, mau posting berapa ribu artikel pun tidak dilarang. Justru semakin banyak akan semakin bagus. Asal, postingnya teratur. Jangan sampai posting puluhan artikel dalam waktu seketika lalu beberapa hari tidak update apa-apa. Tindakan seperti itu bisa dianggap spam oleh Blogger sehingga blog terancam dibanned (hapus).

Untuk urusan penampilan, di Indonesia sudah banyak master yang membuat template blogger premium dan gratisan. Mereka telah berbaik hati membagikannya di situs mereka, kita tinggal download dan memakainya. Kalau sobat menggunakan template gratisan sebaiknya tidak menghapus credit link footer (link pembuat template) karena tidak mencerminkan blogger yang tahu terima kasih.

Selain itu, Blogger (blogspot) juga bisa dimonetisasi. Pengguna Blogger dapat mengikuti program periklanan pay per click (PPC) seperti Google #AdSense, Kliksaya, dan lain-lain. Namun flatform Blogger dan subdomain [dot]blogspot[[dot]com kurang mendapat kepercayaan dari pemasang iklan mandiri.

Baca juga : Menilik Peluang Usaha Untuk Blogger Full Time Selain Beternak Blog

#2. Flatform WordPress.com

WordPress.com merupakan pesaing terberat Blogger. WordPress.com juga menawarkan layanan blog gratisan dengan subdomain [dot]wordpress[dot]com, servernya handal, jarang down dan ramah di mesin pencari.

WordPress.com mudah digunakan dan tersedia banyak pilihan tema sehingga penampilannya akan terlihat lebih keren. Subdomainnya juga bisa diganti dengan domain [dot]com, jadi blog akan terlihat lebih profesional.

Namun, kapasitas penyimpanan data dan bandwidthnya terbatas dan tidak bisa dimonetisasi. Pengguna WordPress.com tidak bisa mengikuti program AdSense.

#3. WordPress.org

Berbeda dengan saudaranya, WordPress.org hanya bisa digunakan oleh blog self hosted dan top level domain. Jadi kalau mau menggunakan WordPress.org, kita harus menyewa hosting dan TLD ke provider hosting.

Provider hosting lokal terbaik  di antaranya Masterweb.net, Idwebhost.com, Niagahoster.co.id, Qwords.com, Indowebsite.net, dan lain-lain.

Harga hosting ada yang menawarkan paket Rp. 50.000 per tahun dan harga domain [dot] COM berkisar antara 90.000 – 110.000 per tahun. Kalau ada promo, harga domain dan hosting bisa lebih murah. Kapasitas penyimpanan data (disk space) dan bandwidthnya terbatas, sesuai paket hosting yang dibeli.

Namun kita lebih bebas karena tidak beresiko kena banned. Selain itu, blogger yang menggunakan WordPress.org bisa mengukuti program AdSense, lebih mudah dioptimasi #SEO, lebih terlihat profesional dan berpeluang mendapatkan pemasang iklan mandiri apabila kontennya berkualitas dan #pengunjung blog sudah banyak.

Baca juga : 5 Cara Terbaru Meningkatkan Pengunjung Blog Paling Jitu

#Theme WordPress.org juga bisa didapat dengan mudah. Banyak situs yang menyediakan tema WordPress premium maupun gratisan. Kita tinggal pintar-pintar memilihnya agar lebih mendukung terhadap SEO situs.

Theme WordPress premiun yang saya suka adalah theme buatan Kentooz.com, dan theme yang dijual di ThemeForest.net.

Blog self hosted dengan WordPress.org juga memiliki nilai jual yang sesuai dengan modal dan pengorbanan. Pembeli cenderung memilih membeli situs self hosted dan TLD ketimbang situs gratisan.

Kesimpulan, bagus mana Blogger dan WordPress?

Kesimpulannya adalah tergantung tujuan sobat ngeblog. Kalau ngeblog untuk menyalurkan hobi menulis tanpa peduli dengan trafik atau AdSense maka sobat cocok menggunakan flatform WordPress.com.

Jika selain menyalurkan hobi menulis, sobat mampu menulis banyak artikel setiap hari dan berniat menjadikan blog sebagai sumber penghasilan, namun belum terpikir mengeluarkan budget maka sobat pilih Blogger (Blogspot).

Jika sobat siap investasi, serius ngeblog dan punya tujuan mengembangkan blog atau mendapatkan penghasilan dari blog secara pofesional maka sobat pilih WordPress.org.

Intinya

Baik Blogger, WordPress.com atau WordPress.org semuanya bagus. Jika sobat tanya saya pakai yang mana? Saya gunakan tiga-tiganya.

Berdasarkan pengalaman pribadi, blog self hosted lebih mudah dioptimasi, lebih menguntungkan dan cepat diapprove ketika daftar Google AdSense.

Sekarang saya sedang mengembangkan blog baru ini karena blog WordPress.org saya sebelumnya [http://banjarwangi.com] sudah laku terjual kepada Uda Arlan Dwiki dengan harga yang sesuai.

Demikian jawaban saya atas pertanyaan bagus mana Blogger atau WordPress yang sering dilontarkan oleh sobat blogger pemula. Semoga bermanfaat.

Bagikan yuk!

Tinggalkan Komentar