VPS Murah

5 Tips Ampuh Menempati Halaman Pertama Google

5 tips ampuh menempati halaman pertama Google – Halo sobat Tipsngeblog.com! Pada kesempatan ini saya akan berbagi tips sederhana namun ampuh menempatkan artikel blog di halaman pertama google atau page one Google.

Untuk menempati halaman pertama Google itu susah-susah gampang. Susahnya menempati halaman pertama Google disebabkan oleh:

#1. Persaingan ketat

Semakin hari jumlah blogger terus bertambah, ribuan artikel segar terus bermunculan di internet. Halaman pertama Google hanya menampilkan 10 besar blog terbaik, sedangkan artikel sejenis jumlahnya ratusan bahkan ribuan, maka secara otomatis persaingan di mesin pencari semakin ketat.

Banyak orang yang tertarik menjadi blogger karena belakangan ini banyak artikel yang mengulas keberhasilan blogger Indonesia mencicipi lezatnya penghasilan jutaan dari Google AdSense, afiliasi, dan bisnis online lainnya.

Dengan demikian halaman pertama Google menjadi sesak dan search engine Google semakin selektif memilih situs yang berisi konten berkualitas untuk ditempatkan di halaman pertama Google.

#2. Kurang memahami teknik dasar SEO

Penyebab kedua kenapa menempati halaman pertama Google itu susah karena kita kurang menguasai teknik dasar SEO onpage seperti cara menempatkan kata kunci pada artikel, cara membuat link internal yang benar, dan lain-lain.

#3. Malas dan cepat bosan

Malas dan cepat bosan menulis artikel juga kadang menyebabkan artikel blog kita sulit menempati halaman pertama Google. Malas dan cepat bosan membuat kita asal-asalan membuat konten blog dan jarang update artikel yang berkualitas, sehingga situs kita kurang dikenal oleh pembaca dan mesin pencari.

Baca juga : Ternyata template bisa bikin semangat ngeblog meningkat

#4. Konten kurang berkualitas

Indikator konten berkualitas di antaranya tulisan original (bukan hasil copas), meskipun pembahasannya sama namun kemasannya (redaksi) berbeda, memberi manfaat bagi pembaca atau memberi solusi terhadap masalah yang sedang dihadapi pembaca.

#5. Kurang backlink

Sebagian mengatakan bahwa backlink sudah tidak dibutuhkan lagi dalam SEO, namun saya masih menganggapnya penting karena backlink ibarat rekomendasi yang menyatakan bahwa artikel kita itu penting untuk dibaca.

Baca juga : Pengertian dan 5 cara membuat backlink berkualitas secara natural

#6. Dan lain-lain

Dan beberapa faktor lain seperti usia blog masih sangat baru, artikel terlalu pendek, tidak menempatkan kata kunci (keyword) dengan benar, dan lain-lain.

Meskipun menempati halaman pertama Google itu agak susah, namun jika tahu caranya kita pasti berhasil memenangkan persaingan di page one Google dengan mudah. Langsung saja simak tips memenangkan persaingan agar menempati halaman pertama Google berikut ini.

menempati halaman pertama google

5 tips ampuh menempati halaman pertama Google

#1. Buat artikel lebih panjang

Tips pertama menyiasati persaingan dan merebut posisi 10 besar Google adalah membuat artikel lebih panjang, padat dan bermanfaat dibanding dengan artikel di blog pesaing. Buatlah artikel yang lebih padat, bermanfaat, lebih panjang dan buatlah judul yang mengundang rasa penasaran pembaca agar artikel kita lebih sering diklik pembaca.

Kalau artikel kita sering diklik dan dishare oleh pembaca, maka perlahan tapi pasti Google akan menempatkan artikel blog kita di halaman pertama Google. Kuncinya, apabila pembaca suka maka Google pun akan suka dengan tulisan kita. Oleh karena itu, buatlah pembaca suka!

Panjang artikel yang berpotensi besar menempati halaman pertama Google adalah antara 1.000 – 2.500 kata. Agar tulisannya tidak bertele-tele sebaiknya pembahasan lebih luas namun tetap fokus mada satu masalah dan agar pembaca tidak jenuh lengkapi artikel dengan gambar serta tidak membuat artikel terlalu panjang.

#2. Penempatan keyword

Tips kedua yaitu menempatkan kata kunci yang tepat pada artikel. Menyimpan keyword pada tempat-tempat tertentu dalam artikel dapat meningkatkan peringkat artikel di halaman hasil pencarian. Contoh penempatan kata kunci adalah pada judul artikel, dalam 100 kata pertama, disebar dalam tubuh artikel, dalam title tag dan alt tag gambar, dalam slug (URL), H1, H2, H3 dan dalam meta deskripsi.

Selain menempatkan kata kunci pada titik-titik tadi, gunakan sinonim keyword atau persamaan kata kunci. Misalnya menempatkan kata kunci = menyimpan keyword, halaman pertama google = page one google = 10 besar google, dan lain-lain. Jangan lupa, beri efek cetak tebal, miring atau bergaris bawah pada kata kunci secara wajar.

Baca juga : cara riset keyword dan menempatkan kata kunci dalam artikel

#3. Keyword density

Tips ketiga adalah memperhatikan jumlah kerapatan kata kunci atau keyword density. Kerapatan kata kunci yang bagus menurut SEO by Yoast adalah 2 – 4,5% dari jumlah kata dalam artikel. Misalnya saya menggunakan kata kunci halaman pertama google dan panjang artikelnya 1000 kata, maka jumlah frase halaman pertama google tidak boleh kurang dari 20 kali dan tidak lebih dari 45 kali. Jumlah tersebut termasuk penempatan kata kunci dalam judul, slug, dan lain-lain.

Apabila terlalu banyak, artikel kita bisa dianggap spam. Agar kata kunci yang muncul lebih banyak, sebaiknya buat artikel yang lebih panjang. Misalnya 2000 kata, jadi kita bisa memunculkan kata kunci sebanyak 90 kali dalam artikel. Lain halnya jika artikel hanya 300 kata, maka kata kunci yang bisa dimunculkan maksimal hanya 12 kali.

#4. Buat link internal terkait

Link internal berfungsi untuk memudahkan robot menelusuri artikel di blog kita, jadi kemungkinan besar artikel kita tidak akan deindex. Selain itu, link internal juga berfungsi untuk memberitahu kepada pembaca bahwa di blog kita ada artikel terkait yang penting untuk dibaca sehingga dapat meningkatkan jumlah page view per visit.

Buatlah link internal untuk artikel terkait yang temanya saling berhubungan satu sama lain dengan anchor text yang relevan dengan kata kunci. Hati-hati, jangan sampai membuat eksternal link (link ke luar) dengan target keyword sebagai anchor textnya.

#5. Promosi

SEO tidak hanya mempromosikan situs di mesin mencari, namun juga mempromosikan situs kita ke pembaca. Menurut teori SEO modern, semakin sering artikel kita dibaca orang maka posisinya di mesin pencari akan semakin baik hingga akhirnya bisa menempati halaman pertama google.

Tambahan

Untuk berhasil menempati halaman pertama Google, kita bisa membuat backlink misalnya dengan menulis komentar di blog orang lain yang membahas topik yang sama dengan artikel kita yang sedang dioptimasi.

Meskipun banyak yang mengatakan backlink sudah tidak penting, namun menurut saya masih berpengaruh untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog. Orang yang penasaran dengan komentar kita, akan mengklik anchor text pada kolom komentar dan meluncur ke blog kita.

Baca juga : 5 cara terbaru meningkatkan pengunjung blog paling jitu

Selin dapat meningkatkan jumlah pengunjung, blogwalking yang benar juga dapat meningkatkan jumlah pembaca artikel kita. Di atas sudah dijelaskan semakin banyak pembaca, maka artikel kita akan dianggap penting oleh mesin pencari sehingga akan ditempatkan di halaman pertama Google.

Demikianlah 5 tips ampuh menempati halaman pertama Google, selamat mencoba semoga berhasil menempati page one google!

Bagikan yuk!

2 Komentar

  1. Ahmad Sufyan September 13, 2016
    • Husni Cahya Gumilar September 28, 2016

Tinggalkan Komentar