VPS Murah

5 Alasan Guru Honorer Harus Ngeblog

Kenapa guru honorer harus ngeblog? Pada postingan ini saya akan mencoba memaparkan alasan-alasan penting kenapa guru honorer harus ngeblog. Ngeblog atau dalam istilah asingnya disebut blogging adalah aktifitas yang berhubungan dengan dunia blog dan kegiatan tulis menulis secara terus menerus.

Silakan baca juga : 5 Keuntungan Menyalurkan Hobi Menulis di Blog

Tugas pokok guru di antaranya adalah mendidik, mengajar dan melatih murid-muridnya. Sebagai orang yang berpendidikan tinggi dan berwawasan luas, mestinya seorang guru tidak akan menemukan kesulitan berarti dalam membuat artikel unik dan original untuk diposting di blog.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang tumbuh semakin pesat serta kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap informasi online, telah memberikan peluang bagi orang yang hobi menulis atau punya kemampuan menulis seperti guru untuk menuangkan ide-ide cemerlang atau sumber bacaan yang dibutuhkan banyak orang.

Pada artikel kali ini kita fokuskan pada guru honorer. Kenapa guru honorer? Karena secara umum, guru honorer masih berusia muda dan memiliki banyak waktu luang sehingga bisa memanfaatkan potensi yang dimilikinya untuk mulai blogging.

5 Alasan Guru Honorer Harus Ngeblog

guru honorer ngeblog

guru honorer ngeblog

Setiap orang punya tujuan dan alasan masing-masing kenapa dia ngeblog, di bawah ini ada 5 alasan kenapa guru honorer harus ngeblog versi TipsNgeblog.com.

#1. Mengasah kemampuan menulis

Menurut saya, guru itu mutlak harus punya kemampuan menulis. Jangan sampai kalah oleh murid-muridnya yang sudah berani mempublikasikan tulisan-tulisan hebatnya di blog dan sudah dilihat oleh ratusan ribu pembaca.

Kenyataannya memang tidak semua guru honorer pandai penulis, beberapa ada yang masih ragu untuk membuat artikel. Nah, blog inilah salah satu media yang bisa dijadikan tempat latihan menulis. Kalau sudah terbiasa ngeblog, menulis di blog pribadi itu lebih asyik dan menyenangkan daripada buat status di media sosial yang hanya 1 atau 2 kalimat saja.

Murid SMA dan ibu rumah tangga saja ngeblog, masa guru honorer tidak?

 

#2. Meningkatkan wawasan

Untuk alasan inilah guru honorer harus ngeblog, meningkatkan wawasan. Karena blogger biasanya banyak membaca berbagai ilmu pengetahuan untuk referensi tulisan-tulisannya. Dengan menjadi guru blogger, maka otomatis akan menjadi meningkatkan wawasan dan menunjang karirnya sebagai guru.

 

#3. Menghasilkan pendapatan bulanan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kesejahteraan guru honorer kurang mendapat perhatian lebih dari pemerintah, hal ini terbukti dengan banyaknya demonstrasi guru honorer menuntut pencairan tunjangan dan pengangkatan guru PNS. Sedih memang, ketika guru honorer yang banyak berjasa mencerdaskan kehidupan bangsa dibayar sangat murah, tetapi orang yang merusak moral dan memberi contoh buruk di televisi honornya malah selangit.

Tetapi itulah kenyataan yang sedang dihadapi dan mengeluh saja bukan jalan keluar. Untuk meningkatkan pendapatan, guru honorer harus memutar otak. Kegiatan yang bisa dilakukan oleh guru honorer untuk menghasilkan pendapatan jutaan atau ngeblog.

Apakah bisa menghasilkan uang dari blog?

YA! Banyak fakta yang telah membuktikan bahwa tidak sedikit orang yang punya penghasilan rutin setiap bulan dari kerja kerasnya menulis di blog. Caranya seperti paid review, afiliasi, content writer atau menjadi publisher PPC Google AdSense.

Silakan baca : Cara Daftar Google AdSense dan Tips Agar Langsung Diapprove

#4. Menghindari ketergantungan terhadap BOS

Guru honorer dibayar dari biaya operasional sekolah (BOS) yang dicairkan setiap 3 bulan sekali, bahkan akhir-akhir ini pencairan dana BOS tidak menentu. Jika sobat punya penghasilan rutin dari blog maka sobat tidak akan merasa kesulitan apabila honor terlambat dibayar gara-gara BOS telat cair.

#5. Investasi untuk jaminan hari tua

Semua guru honorer pasti mengharapkan suatu saat bisa jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), tetapi tidak semua guru honorer bisa mewujudkan harapannya itu. Kemungkinan terburuk adalah menjadi guru honorer sampai tua.

Semakin hari beban hidup semakin bertambah, seperti untuk buat rumah, biaya anak sekolah, dan sebagainya sedangkan kemampuan fisik kita semakin tua itu semakin menurun. Oleh karena itu, selagi masih muda dan punya banyak kesempatan mulailah ngeblog dari sekarang karena blog adalah investasi jangka panjang yang bisa menghasilkan pasive income.

Itulah 5 alasan guru honorer harus ngeblog, Jangan sia-siakan peluang yang ada. Ngebloglah mumpung ada kesempatan. Good luck!

Bagikan yuk!

2 Komentar

  1. Cara Cerdas Terpelajar Januari 27, 2016
    • Husni Cahya Gumilar Januari 27, 2016

Tinggalkan Komentar